Cara Merawat Komputer Windows

Cara merawat komputer windows memiliki komputer dengan perfoma yang baik sudah menjadi harapan para pengguna komputer, tetapi bagaimana cara menjaga dan merawat sebuah komputer agar selalu dalam performa yang baik? Pada kesempatan baik ini, kami akan memberikan beberapa penjelasan tentang tips atau cara merawat komputer windows

Hal yang harus diperhatikan sebelum memulai melakukan perubahan dan menambah, atau menghapus perangkat lunak atau system operasi windows, pastikan kita telah memiliki cadangan yang baik (backup) untuk mengantisipasi jika kita nanti tidak sengaja menghapus perangkat lunak yang masih dibutuhkan. Berikut adalah beberapa tips atau cara merawat komputer windows :
  1. Disk Defragment, dapat dilakukan dengan cara manual atau dengan cara mengatur schedule defragment sehingga disk defragment dapat berjalan otomatis secara berkala seperti setiap dua minggu atau sebulan sekali. Disk defragment dapat diakses dengan langkah Klik Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter.
    cara merawat komputer windows
    cara merawat komputer windows
  2. Monitor layanan pada system windows yang tidak perlu, untuk melakukan monitor terhadap system windows kita dapat menggunkan windows msconfig untuk melihat layanan apa saja yang dirasa tidak perlu kemudian menonaktifkannya (bukan menghapus), seperti program multimedia, instant messaging, system pengaturan software dan sejenisnya. Untuk mengakses windows msconfig cukup dengan mengetik “msconfig” pada program pencarian windows kemudian tekan Enter.
    cara merawat komputer windows
    cara merawat komputer windows
  3. Hapus program yang tidak perlu merupakan salah satu cara merawat komputer windows, artinya jika terdapat beberapa program perangkat lunak yang sudah tidak digunakan pada komputer windows sebaiknya dihapus saja, kenapa demikian? Software atau program yang sudak tidak digunakan ini hanya akan mengambil ruang hard disk dan menggunakan memori pada komputer, padahal kita dapat menggunakannya untuk program lain. Untuk menghapus program dapat dilakukan dengan cara klik Start > Control Panel > Uninstall a program > Pilih program yang akan dihapus.
    cara merawat komputer windows
    cara merawat komputer windows
  4. Scan malware, pastikan untuk mengaktifkan perlindungan real-time malware (baik antivirus atau antispyware software) dan men-scan data sistem secara berkala.
  5. Gunakan monitoring perangkat lunak berbasis jaringan komputer online, seperti silverback Teknologi, SolarWinds.net, EtherPeek, atau Ethereal.
  6. Reboot komputer windows secara berkala, hal ini dapat menyegarkan memori di komputer, sehingga komputer dapat kembali berjalan lebih cepat.
  7. Kosongkan windows Recycle Bin, jika recycle bin telah over load maka disk drive juga akan over load atau bahkan tidak ada lagi space kosong sehingga tidak dapat menyimpan atau melakukan backup data ke disk.
  8. Pastikan sumber listrik stabil dan selalu tersedia, hal ini dapat dilakuakn dengan cara menggunakan uninterruptible power supply ( UPS ). UPS dapat memperpanjang waktu pasokan listrik ke komputer jika tiba-tiba listrik padam.
  9. Lakukan update atau patch, menggunakan perangkat lunak versi terbaru dan terbesar biasanya menciptakan pengalaman komputasi yang disempurnakan. Perangkat lunak versi terbaru lebih efisien dalam penggunaan memori, mengakses hard drive dan jaringan
  10. Lakukan cara merawat komputer windows ini secara berkala atau periodik setiap minggu.

Demikian penjelasan tentang beberapa tips atau cara merawat komputer windows. Jika masih kurang memahami artikel ini, Anda dapat memberikan pertanyaan melalui form komentar. Semoga dapat membantu

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Komputer Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel