Cara Membuat Daftar Isi Peta Situs Blog

Cara membuat daftar isi peta situs blog sitemap atau peta situs atau daftar isi blog sangat erat hubungannya dengan SEO, Search Engine Optimization, membuat peta situs merupakan salah satu tips optimasi blog on-page (SEO On page). Kenapa demikian? Daftar isi atau peta situs blog akan mempermudah pengunjung blog menjelajah, menelusuri, atau mengexplorer seluruh konten yang terdapat dalam sebuah blog, karena konten yang terdapat dalam blog tersebut dapat dilihat dalam bentuk daftar isi. Lebih dekat dengan SEO, peta situs akan terbaca oleh spider search engine sehingga peluang untuk mendapatkan pengunjung dengan traffic organic yang tinggi akan semakin besar. Itulah alasan yang kami tangkap, mengapa membuat daftar isi atau peta situs blog merupakan salah satu tips SEO blog. Kemudian bagaimana cara membuat daftar isi peta situs blog tersebut?



Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat peta situs dalam bentuk Daftar Isi blog, dan pada artikel sebelumnya kami juga telah menjelaskan bagaimana cara membuat sitemap web blog yang seo friendly menggunakan google webmaster tools.

Oke, langsung saja. Berikut adalah langkah langkah cara membuat daftar isi peta situs blog, atau supaya lebih mudah di mengerti, membuat peta situs atau sitemap dalam bentuk daftar isi:
  1. Masuk ke dashboard blog Anda. Pilih Laman, klik Laman Baru.
    cara membuat daftar isi peta situs blog
    cara membuat daftar isi blog
  2. Kemudian akan tampil seperti gambar dibawah ini.
    cara membuat daftar isi peta situs blog
    cara membuat daftar isi blog
  3. Pada tampilan seperti di atas, klik button HTML. Kemudian salin script di bawah ini dan tempel pada html editor. Pastikan pada HTML editor bukan pada Compose editor.
    <script src="//dl.dropboxusercontent.com/u/7922863/this%20is/thisis.js"></script>
    <script src="http://blog.rajaputramedia.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

    atau

    <div style="background-color: none; border: none; height: auto; margin: auto; overflow: auto; padding: auto; text-align: left; width: 100%;">
    <script src="https://my-code-js.googlecode.com/svn/branches/sitemap.js"></script><script src="http://blog.rajaputramedia.com/feeds/posts/default?max-results=999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script></div>
  4. Pada kedua script di atas terdapat 2 bagian source code, yang pertama adalah source code dimana terdapat script, code html, dan style yang akan membentuk sebuah layout daftar isi, dan yang kedua adalah source code yang akan mengambil seluruh data post blog dalam bentuk url dan meletakannya ke dalam layout daftar isi tersebut. Ganti url blog http://blog.rajaputramedia.com dengan url blog Anda.
  5. Setelah script ditempel, langkah selanjutnya adalah isi judul laman (Anda dapat mengisi dengan judul Sitemap atau Peta Situs atau Daftar Isi), kemudian lakukan setelan laman untuk deskripsi penelusuran dan pilihan.
    cara membuat daftar isi peta situs blog
    cara membuat daftar isi blog
  6. Terakhir klik button Perbarui.
Sekarang Anda telah memiliki Daftar Isi Blog dengan style yang menarik dan membuat pengunjung akan lebih mudah menjelajah konten blog Anda dengan mencari di halaman daftar isi blog.
Jika Anda mengikuti tutorial ini dan mempraktekannya untuk Blog Anda, maka daftar isi blog yang telah dibuat akan tampil seperti gambar di bawah ini.
cara membuat daftar isi peta situs blog
cara membuat daftar isi blog


Demikian tutorial bagaimana cara membuat daftar isi peta situs blog, jika Anda masih kurang memahami tutorial ini, Anda dapat memberikan pertanyaan pada form komentar yang tersedia. Semoga dapat membantu.

0 Response to "Cara Membuat Daftar Isi Peta Situs Blog"

Posting Komentar