Cara Mendaftarkan Web Blog ke Google Webmaster Tool

Cara mendaftarkan web blog ke Google Webmaster Tool ketika pengguna internet membutuhkan informasi, maka dia akan mengetikan kata atau keyword yang relevan dengan informasi yang dibutuhkan pada kotak pencarian search engine, kemudian search engine akan memberikan ribuan referensi hasil pencarian dalam bentuk url dari suatu web atau blog yang di dalamnya memiliki informasi yang relevan dengan pencarian yang dimaksud



Sebagai seorang webmaster yang memiliki beberapa web atau blog dengan ratusan bahkan ribuan informasi dalam bentuk artikel seperti All in one blog, tentunya menginginkan url web atau blog kita terdapat dalam hasil pencarian tersebut, artinya url web blog telah terindeks oleh google search engine, bahkan harus optimis web blog yang kita miliki berada di page 1 (one), lebih optimis lagi berada diurutan teratas alias nomor 1 (satu) dari pencarian tersebut, hal ini tentu akan meningkatkan traffic web atau blog.

Tetapi bagaimana caranya? Mendaftarkan web blog ke google menggunakan webmaster tool merupakan salah satu cara agar url web blog terdapat dalam hasil pencarian google (terindeks oleh search engine google), pencarian google tentunya. Kenapa harus google? Search engine google merupakan search engine yang paling sering digunakan oleh pengguna internet di Dunia, baik untuk mencari informasi, menjual informasi, bahkan membeli informasi.
Tujuan mendaftar google webmaster tools adalah untuk menambahkan web blog ke dalam daftar index mesin pencari google. Pertanyaannya, bagaimana cara mendaftarkan web blog ke google webmaster tool ?
Berikut adalah langkah langkah atau cara mendaftarkan web blog ke google webmaster tool :
  1. Anda harus memiliki akun google. Jika belum memiliki akun google, silahkan Anda mendaftar di gmail.com
  2. Setelah anda memiliki akun google, silahkan login ke Google Webmaster Tools
  3. Klik button TAMBAHKAN SITUS berwarna merah.
    cara mendaftarkan web blog ke google webmaster tool
    cara mendaftarkan web ke webmaster tool
  4. Pada popup window yang tampil, masukan url web atau blog Anda, dan klik button Terus.
    cara mendaftarkan web blog ke google webmaster tool
    cara mendaftarkan web ke webmaster tool
  5. Berikutnya adalah tahap verifikasi kepemilikan web atau blog. Anda dapat menggunakan metode alternative. Dengan cara klik pada tab Metode Alternatif.
    cara mendaftarkan web blog ke google webmaster tool
    cara mendaftarkan web ke webmaster tool
  6. Terdapat 4 pilihan metode alternative, Anda dapat menggunakan Tag HTML (Tambahkan tag meta ke beranda situs Anda). Klik radio button Tag HTML, maka akan tampil script meta tag seperti gambar di bawah ini:
    cara mendaftarkan web blog ke google webmaster tool
    cara mendaftarkan web ke webmaster tool
  7. Silahkan Anda salin meta tag yang tampil (halaman google webmaster tool jangan ditutup), kemudian tempel pada source code web atau rancangan template blog Anda. Meta tag harus berada pada bagian <head>, sebelum bagian <body> .
  8. Kemudian kembali ke halaman google webmaster tool (masih di halaman google webmaster tool yang sama pada langkah 5), klik button VERIFIKASI.
  9. Tunggu sampai proses verifikasi selesai, jika berhasil akan tampil informasi bahwa proses verifikasi telah sukses. Kemudian klik button continue.
  10. Proses mendaftarkan web blog ke google webmaster tool telah selesai.
Google webmaster tool telah aktif dan dapat Anda gunakan untuk menganalisis berbagai data statistik dan melakukan beberapa pengaturan web atau blog, Anda juga dapat menambahkan sitemap web atau blog di google webmaster tool.



Demikian tutorial tentang bagaimana cara mendaftarkan web blog ke google webmaster tool. Jika masih belum paham, Anda dapat mengajukan pertanyaan pada form komentar. Semoga dapat membantu

4 Responses to "Cara Mendaftarkan Web Blog ke Google Webmaster Tool"

  1. makasih informasinya ya kang...bermanfaat banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba susi sudah mampir disini. Salam

      Hapus
  2. google webmastertool memang sudah menjadi kebutuhan primer pemilik blog/website

    BalasHapus
  3. masih binggung sih fungsinya untuk apa

    BalasHapus