10 Januari 2015

Cara Setting Timezone Menggunakan PHP

Leave a Comment
Cara setting timezone menggunakan PHP pada server hosting maupun lokalhost dapat dilakukan dengan banyak cara, namun script PHP nya tetaplah sama. Untuk apa timezone perlu disetting? Mungkin website anda akan mengalami masalah kekacauan pada waktu / jam dan tanggal yang tidak aktual jika timezone tidak dikonfigurasi. Misalnya Anda berada di wilayah Indonesia barat, akan tetapi website Anda menampilkan waktu Indonesia timur, dan ini bukan masalah kecil, mari kita selesaikan. Hehehe,

cara setting timezone menggunakan PHP
Cara setting timezone menggunakan PHP
Berikut adalah beberapa cara setting timezone menggunakan PHP (konfigurasi timezone pada script PHP):
  1. Untuk lokasi WIB
    date_default_timezone_set('Asia/Jakarta');
  2. Untuk lokasi WITA
    date_default_timezone_set('Asia/Ujung_Pandang');
  3. Untuk lokasi WIT
    date_default_timezone_set('Asia/Jayapura');
Ketiga script diatas dapat diimplementasikan dengan cara meletakan di baris paling atas script PHP Anda (Internal Script).

Sebetulnya ada cara setting timezone menggunakan PHP yang lebih simple yaitu dengan membuat file PHP khusus / tersendiri yang menyimpan Script PHP setting timezone, kemudian file tersebut dipanggil pada setiap halaman web Anda (External Script), dan Anda dapat menyisipkan script tersebut pada file koneksi Anda (contoh koneksi.php). Bagaimana caranya?

Pertama sisipkan script PHP setting timezone pada file koneksi.php (nama file terserah Anda tidak harus koneksi.php), berikut contohnya:
<?php
    date_default_timezone_set('Asia/Jakarta');
    $Open = mysql_connect("localhost","root","");
        if (!$Open){
        die ("MySQL E !<br>");
        }
    $Koneksi = mysql_select_db("rpm");
        if (!$Koneksi){
        die ("DBase E !");
        }
?>
Script diatas adalah script koneksi yang menghubungkan PHP dengan web server termasuk database server, pada bagian "date_default_timezone_set('Asia/Jakarta');" inilah script yang mendefinisikan setting timezone.
Kedua "panggil" file koneksi.php diatas padaa setiap halaman Web Anda, caranya dengan menyisipkan script PHP berikut:
include "koneksi.php";

Demikian tutorial bagaimana Cara Setting Timezone Menggunakan PHP (konfigurasi Timezone). Jika masih kurang memahami tutorial ini, Anda dapat memberikan pertanyaan melalui form komentar. Semoga dapat membantu
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar