26 Agustus 2014

Cara Setting Koneksi Database di cPanel Hosting

2 comments
Cara setting koneksi database di cPanel hosting, sebagai programmer web Anda harus mengerti dan mahir dalam mengolah database dan membuat koneksi database tersebut dengan berbagai platform bahasa pemrograman, baik dilakukan secara offline maupun online. Contoh offline adalah ketika Anda mengkoneksikan script PHP dengan database MySQL di Localhost PC Anda, sedangkan online adalah ketika Anda mengkoneksikan script PHP dengan database pada cPanel web hosting yang Anda gunakan. Pada dasarnya implementasi di sistem offline maupun online adalah sama, dalam hal setting koneksi databasenya, yaitu pada pengaturan informasi user account MySQL engine dan database namenya pada script PHP yang digunakan sebagai file koneksi ke database tersebut. Perlu diketahui, bahwa setting koneksi database tidak dilakukan pada database itu sendiri melainkan pada script yang digunakan sebagai file koneksi tersebut

Turorial yang akan kami jelaskan pada kesempatan ini adalah tutorial tentang cara setting koneksi database di cPanel hosting. Sebelumnya kami telah menjelaskan secara umum tentang cara koneksi PHP ke database MySQL.
Supaya lebih mudah memahami tutorial ini, perhatikan screen shoot file script php berikut ini.
Download eBook Cara Setting Koneksi Database di cPanel Hosting
cara setting koneksi database di cPanel hosting
cara setting koneksi database di cPanel hosting

Script di atas digunakan untuk koneksi database MySQL di server localhost (offline), dimana koneksi dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) step, yaitu koneksi ke MySQL engine (ditandai kotak warna orange) dankoneksi ke database MySQL (ditandai kotak warna biru). Secara spesifik penjelasannya adalah sebagai berikut:
Script $Open = mysql_connect("localhost","root",""); mendefinisikan nama host, username, dan password.
  • Nama host    : localhost
  • Username     : root
  • Password     : kosongkan (antara tanda petik dua)
Sedangkan pada script $Koneksi = mysql_select_db("dbase_apotik"); mendefinisikan nama databasenya.
  • Database name    : dbase_apotik
Di atas adalah cara setting koneksi database MySQL di server localhost (offline), kemudian bagaimana cara setting koneksi database di cPanel hosting (online)?

Untuk melakukan bagaimana cara koneksi database di cPanel hosting, Anda harus meng-edit pada bagian isi hostname, username, password dan database name sesuai dengan informasi akun database yang Anda buat pada cPanel web hosting Anda.
Sebagai contoh, perhatikan screen shoot informasi akun database berikut:
cara setting koneksi database di cPanel hosting
cara setting koneksi database di cPanel hosting

Pada informasi akun di atas dapat didefinisikan data sebagai berikut:
  • Nama host       : localhost (cek web hosting Anda, bisa jadi berbeda)
  • Username        : raja _dbuser
  • Password        : password database Anda
  • Dbase name    : raja _dbase
Dari data akun di atas maka script PHP yang digunakan untuk melakukan setting database MySQL pada cPanel hosting adalah sebagai berikut:
cara setting koneksi database di cPanel hosting
cara setting koneksi database di cPanel hosting
Selesai, silahkan coba script PHP buatan Anda sendiri secara online dengan mengikuti tutorial ini. Untuk download script PHP koneksi database, silahkan klik link di bawah ini (direct download google drive).

Demikian tutorial tentang cara setting koneksi database di cPanel hosting pada script PHP koneksi, untuk membuat database di cPanel silahkan lihat di sini cara membuat database MySQL di cPanel hosting. Jika masih kurang memahami tutorial ini, Anda dapat memberikan pertanyaan melalui form komentar. Terima kasih, semoga dapat membantu
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

2 komentar:

  1. bagaimana kalau kasusnya ingin mengkoneksikan satu ke localhost dan satu lagi ke sebuah hosting ?

    BalasHapus