Cara Koneksi PHP ke Database MySQL

Cara koneksi PHP ke database MySQL untuk mengikuti artikel All in one blog ini, Anda harus terlebih dahulu memasang database MySQL pada komputer, jika menggunakan Windows anda dapat langsung memasang aplikasi XAMPP, perlu diketahui bahwa MySQL sudah include dan terpasang ketika aplikasi XAMPP dipasang di komputer. Sementara untuk Anda yang menggunakan Linux, Anda harus memasang LAMP atau langsung memasang Apache untuk web servernya dan PHP5 untuk menjalankan script PHP, kemudian pasang MySQL. Pada tutorial ini, Kami menggunakan sistem operasi windows dan MySQL pada xampp sebagai databasenya



cara koneksi php ke mysql
cara koneksi php ke database MySQL
Setelah memastikan semuanya telah terpasang dengan baik, selanjutnya Anda harus membuat sebuah database, tentunya database MySQL. Sebaiknya buatlah sebuah database yang sederhana dan dengan tabel yang tidak terlalu banyak, intinya yang simpel - simpel aja, namanya juga belajar, setelah database terbentuk selanjutnya Anda tuliskan script PHP untuk melakukan koneksi ke database. Seperti apa script PHP tersebut, sehingga dapat melakukan koneksi PHP ke database MySQL?
Berikut Kami jelaskan sedetail mungkin agar Anda dapat memahami bagaimana cara koneksi PHP ke Database MySQL, dan membuat database MySQL yang lebih luas dari sekedar latihan ini.
Pertama, Anda harus membuat database MySQL, nama database yang Anda buat adalah "apotik", agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini:
cara koneksi php ke mysql
cara koneksi php ke database MySQL
Kedua, tulis kode php pada text editor, apa isi tulisan itu ? script PHP, ya script PHP yang berfungsi melakukan koneksi PHP ke Database MySQL
Dan inilah script PHP yang berfungsi untuk melakukan koneksi PHP ke database MySQL.
<?php
    $Open = mysql_connect("localhost", "root", "");
        if (!$Open){
           die ("Koneksi ke Engine MySQL server Gagal !");
        }
    $Koneksi = mysql_select_db("apotik");
 if (!$Koneksi){
            die ("Koneksi ke Database Gagal !");
 }
?>
mysql_connect adalah sebuah perintah untuk melakukan koneksi ke engine MySQL Server, pada perintah tersebut terdapat 3 (tiga) value yang harus diisi, yaitu host, user, dan password. Pada contoh diatas, host diisi dengan "localhost", user diisi dengan "root", dan password dikosongkan "". Hal ini karena MySQL terdapat pada hosting local yaitu localhost. Kemudian mysql_select_db adalah perintah untuk melakukan koneksi ke database, pada perintah tersebut terdapat value yang harus diisi, yaitu nama database "apotik". Jika Anda akan melakukan koneksi php ke mysql di hosting internet, cara konfigurasinya tetap sama, berbeda hanya pada pengisisan nama host, nama user, password, dan nama database, untuk melihat nama-nama tersebut, Anda dapat melihat di detail akun database atau Anda bisa langsung menghubungi pihak penyedia hosting. Untuk menambahkan library time zone dapat dilihat disini cara setting timezone menggunakan PHP
Ketiga, test script PHP tersebut. Caranya? Buat sebuah folder di dalam directory htdocs, contoh folder "latihan", simpan script PHP ke dalam folder "latihan" tersebut dengan nama file "konek.php". Kemudian jalankan file tersebut melalui web browser. Jika tidak ada pesan yang muncul pada web browser, berarti Anda berhasil membuat koneksi PHP ke database MySQL.
cara koneksi php ke mysql
cara koneksi php ke database MySQL




Demikian penjelasan kami tentang bagaimana cara koneksi PHP ke database MySQL, untuk koneksi di cPanel silahkan baca disini cara setting koneksi database di cPanel Hosting. Jika Anda masih kurang memahami artikel ini, Anda dapat memberikan pertanyaan melalui form komentar. Semoga dapat membantu.

2 Responses to "Cara Koneksi PHP ke Database MySQL"

  1. Tanks Guys, sangat membantu kami. Boleh dong berbagi dngn kita..

    BalasHapus
  2. di mana saya bisa menuliskan script itu gan, maf baru belajar

    BalasHapus