Cara Membuat Link atau Tautan HTML

Cara Membuat Link atau Tautan HTML, HTML sendiri merupakan kependekan dari Hypertext Markup Language, kata Hypertext sendiri memiliki arti dan tujuan yaitu untuk membuat sebuah text yang ketika di-klik akan pindah ke halaman lainnya. Link ditulis dengan tag <a> yang merupakan singkatan cari anchor (jangkar). Setiap tag <a> setidaknya memiliki sebuah atribut href, dimana href berisi alamat yang dituju (href merupakan kependekan dari hypertext reference)

Berdasarkan alamat / link yang dituju (reference), link dibedakan menjadi 2 (dua) jenis yaitu Link Absolut dan Link Relatif. Link absolut mereferensikan link ke alamat lain di internet (external link) artinya link tersebut berada di luar area domain. Sedangakan link relatif mereferensikan link ke alamat file di area domain sendiri.

Agar lebih mudah memahami cara membuat link atau tautan HTML beserta implementasi berdasarkan jenisnya, Anda dapat mengikuti contoh dibawah ini, silahkan buka text editor Anda dan salin kode HTML nya.
Contoh penggunaan tag link HTML <a> untuk link absolut:
<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>Contoh Penggunaan Tag Link HTML</title>
    </head>
<body>
    <h1>Belajar Tag Link HTML</h1>
    <p>Belajar cara membuat Link HTML dengan alamat absolut bersama <a href="http://blog.rajaputramedia.com">Raja Putra Media Blog’s</a></p>
</body>
</html>
cara membuat link atau tautan HTML
cara membuat link atau tautan HTML

Pada contoh diatas alamat link ditulis secara lengkap dengan referensi "http://", ini disebut external link,  dan dapat juga ditulis dengan referensi "http://www" yang berarti link tersebut mereferensi ke alamat lain di internet.
Alamat absolut harus ditulis dengan lengkap, penulisan alamat file dengan menyertakan nama website, seperti: href="http://www.rajaputramedia.com/jasa-pembuatan-blog-murah.php" atau href="http://www.wikipedia.org"

Contoh penggunaan tag link HTML <a>  untuk link relatif:
<!DOCTYPE html>
<html>
    <head>
        <title>Contoh Penggunaan Tag Link HTML</title>
    </head>
<body>
    <h1>Belajar Tag Link HTML</h1>
    <p>Belajar cara membuat Link HTML dengan alamat relatif klik disini <a href="link.html">Link HTML</a></p>
</body>
</html>
cara membuat link atau tautan HTML
cara membuat link atau tautan HTML

Pada contoh diatas alamat link hanya ditulis nama file htmlnya saja (cukup mencantumkan alamat file yang dituju relatif  kepada suatu file).
Sebagai contoh alamat relatif, apabila kita ingin membuat link kepada file "link.html" pada folder yang sama dengan file saat ini, maka atribut hrefnya, berisi: href="link.html".
Alamat relatif maksudnya adalah relatif kepada file tempat kita memanggil link. Jika nama filenya "link.html" dan berada di dalam folder "belajar", maka alamat relatifnya menjadi href="belajar/link.html". Namun bagaimana jika halaman tersebut berada 2 tingkat di luar folder saat ini? Kita dapat menggunakan href="../../link.html", untuk naik 2 folder diatasnya dan seterusnya.

Demikian tutorial bagaimana cara membuat link atau tautan HTML. Jika masih kurang memahami tutorial ini, Anda dapat memberikan pertanyaan melalui form komentar. Artikel selanjutnya akan membahas bagaimana cara membuat link terbuka di tab baru. Semoga dapat membantu

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Link atau Tautan HTML"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel