Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Cara membuat blog gratis di blogger untuk pemula memang terlihat agak sulit diikuti, terlebih jika calon blogger pemula belum pernah mempelajari dasar bahasa pemrograman HTML dan CSS, bahkan tidak tahu sama sekali apa itu blog, blogspot, dan blogger. Tapi jangan berkecil hati, membuat blog akan terlihat sangat mudah jika Anda mengikuti step by step, langkah demi langkah secara urut dengan benar dan teliti. Apapun yang terjadi nanti, misal tampilan blog tidak sesuai dengan yang diinginkan, posting blog berantakan, menu navigasi tidak berfungsi, dan apapun itu Anda harus tetap semangat, setidaknya Anda telah belajar cara membuat blog gratis di blogger dengan memulai membuat akun blog di blogger

Apa itu blog? Menurut Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti tutorial cara membuat blog gratis di blogger? Cukup satu saja, yaitu Akun Google. Ya, karena blogger itu sendiri merupakan salah satu produk Google. Coba Anda perhatikan ketika Anda akan login ke Gmail atau Google Plus di halaman teratas tertulis “Satu akun untuk seluruh Google”, maksudnya satu Akun Google dapat digunakan untuk login ke seluruh produknya seperti Gmail, Google plus, youtube, google drive, google maps, dan masih ada yang lainnya. Dengan kata lain, jika Anda sudah memiliki email dengan akun Gmail, maka yang Anda butuhkan untuk membuat blog sudah Anda miliki. Yang harus Anda lakukan hanyalah mengikuti tutorial cara membuat blog di blogger yang akan kita bahas ini.

Oke, langsung saja ke TKP kita ikuti langkah-langkah tutorial membuat blog, dan berikut adalah cara membuat blog gratis di blogger untuk pemula:

  1. Membuat Akun Google
    Buka Google Account dan Create Account, pastikan Anda berhasil membuat akun google Anda
    Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
    Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
  2. Masuk ke Blogger.Com
    Login dengan akun yang sudah Anda buat tadi, dengan cara memasukan email dan password
  3. Mulai membuat blog gratis di blogger
    Setelah login di blogger, maka akan di arahkan ke halaman blogger akun Anda, terlihat seperti gambar di bawah ini, silahkaan klik Blog Baru
    Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
    Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
  4. Tentukan Judul Blog, Alamat Blog, dan Template
    Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
    Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
    Perhatikan gambar di atas, terdapat 2 kolom isian, yaitu judul dan alamat blog, serta pilihan template blog.
    Untuk judul blog, sebaiknya isikan sesuai dengan tema blog Anda, misal Belajar Membuat Blog
    Untuk alamat blog, sangat disarankan sesuai dengan judul blog, jika judulnya belajar membuat blog, maka alamatnya adalah belajarmembuatblog.blogspot.com, ini akan sangat SEO friendly. Jika alamat tidak tersedia, artinya alamat tersebut sudah dipakai, silahkan ganti dengan alamat lain.
    Untuk template, silahkan pilih sesuai dengan selera Anda. Template yang tersedia di blogger adalah template default dengan tampilan yang sekedarnya. Sebaiknya Anda membeli template blog SEO friendly ke saya. Hehehe…, ini serius! 
  5. Setelah judul, alamat, dan template blog terisi, jangan lupa klik Buat Blog!
    Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
    Cara Membuat Blog Gratis di Blogger
    Lihat gambar di atas, itu adalah dashboard blogger, artinya Anda sudah berhasil sebagai pemula membuat blog gratis. Coba perhatikan navigasinya mulai dari Ikhtisar, Pos, Laman, Komentar, Google+, Statistik, Kampanye, Tata Letak, Template dan Setelan, inilah lembar kerja Anda di blogger. Semoga saya bisa menjelaskan satu per satu di kemudian hari.
  6. Sampai disini, cara membuat blog gratis di blogger untuk pemula telah selesai. Apa??? Kok mudah sekali, Ya…memang mudah.
Yang harus Anda buat selanjutanya, PR terberat Anda adalah posting artikel, membuat laman, dan mengkonfigurasi template dan tata letak serta setelan-setelan dasar blog. Doakan saya, semoga beberapa hari kedepan dapat melanjutkan menulis post blog untuk membantu mengerjakan PR terberat Anda, sebagai lanjutan dari artikel cara membuat blog gratis di blogger untuk pemula.
Meskipun berat dan terkesan buang-buang waktu, saran saya hilangkan statement itu. Kenapa? Itu statement salah. Blog yang menarik akan sering diakses oleh pengunjung, semakin banyak pengunjung maka blog semakin popular, blog yang poluler di mata pengunjung otomatis akan popular di Google. Nah…kalo sudah popular di google maka blog Anda akan menghasilkan uang. Berapa? Sesuai keinginan Anda, bagaimana kalo USD 500 per bulan. Anda bisa baca disini pengalaman mengambil pembayaran Google Adsense

Demikian tutorial cara membuat blog gratis di blogger untuk pemula, selanjutnya Anda dapat membaca tutorial cara mengganti blogspot dengan domain sendiri. Jika masih kurang memahami tutorial ini, Anda dapat memberikan pertanyaan melalui form komentar. Semoga dapat membantu

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis di Blogger"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel