5 Daftar Situs Website Untuk Belajar Coding Gratis

situs website untuk belajar coding gratis

5 Daftar Situs Website Untuk Belajar Coding Gratis secara online yang dapat Anda coba sebagai pengetahuan dasar seputar coding dan pemrograman. Belajar coding tidak hanya untuk level pemula, namun untuk semua level programming, termasuk yang sudah expert sekalipun. Kenapa demikian? karen a pada dasarnya bahasa pemrograman selalu terbarukan, update setiap waktunya, yang akhirnya coding kita pun harus menyesuaikan.

Belajar coding tidak harus di situs website untuk belajar coding gratis atau berbayar, bisa ke mentor atau via private course, bahkan ke teman. Hanya saja belajar coding di situs website dapat kita lakukan kapan saja, dimana saja sehingga lebih fleksibel. Ya, belajar coding secara online adalah terobosan baru sebgai bentuk solusi belajar coding yang lebih simpel dan efektif. Bicara kualitas belajar, kami rasa itu adalah pengaruh dominan ada di diri kita sendiri, seberapa fokus dan keseriusan kita dalam belajar coding.

Pastikan Anda memiliki kesiapan dan keseriusan dalam belajar coding, berikut kami sajikan 5 daftar situs website untuk belajar coding gratis yang bisa Anda gunakan untuk belajar coding secara online.

Daftar Isi Situs:
  1. Code Cademy
  2. Free Code Camp
  3. BitDegree
  4. Codewars
  5. Code School

5 Daftar Situs Website Untuk Belajar Coding Gratis


1. Code Cademy


situs website untuk belajar coding gratis

Dengan data pengguna yang telah mencapai lebih dari 45 juta orang bergabung, Code Cademy layak disebut sebagai salah satu situs website belajar coding yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna yang ingin mempelajari coding secara gratis.

"Join the Millions Learning to Code with Codecademy" inilah tagline yang tertulis di halaman website Code Cademy. Ada beragam penawaran kursus online yang bisa Anda maksimalkan melalui platform ini, mulai dari programming for beginner hingga ke materi mengenai bahasa pemrograman tingkat lanjut.

Pada Code Cademy, metode pembelajaran dan pendekatan yang dilakukan dapat terbilang cukup interaktif. Dalam proses pembelajarannya, Anda tidak hanya sekedar mendapatkan teori saja, namun bisa langsung mengaplikasikan apa yang telah Anda pelajari. Konten seputar coding pun memiliki kuota waktu hingga 300 juta jam, sehingga cocok untuk para pemula maupun programmer yang sudah berpengalaman. Bahasa pemrograman yang bisa dipelajari di dalamnya berupa HTML, JavaScript, CSS, jQuery, PHP, Python dan Ruby.

Jadi jika Anda mencari daftar situs website untuk belajar coding gratis, Code Cademy sangat kami sarankan. Silahkan register untuk mendapatkan fitur manfaatnya.

2. Free Code Camp


situs website untuk belajar coding gratis

Free Code Camp cukup berbeda dengan website belajar coding laiinnya yang hanya menyediakan tutorial, Free Code Camp menawarkan real-life communication dan memiliki komunitas untuk belajar seputar bahasa pemrograman secara langsung. Sehingga melalui platform ini Anda dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai tantangan.

Untuk dapat menyelesaikan tantangan tersebut, Free Code Camp akan memberikan Anda hak akses menuju tutorial dan kursus pemrograman terlebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikannya dengan mudah. Semakin banyak tantangan yang Anda selesaikan, semakin banyak pula pengetahuan seputar pemrograman yang Anda kuasai. Dengan kata lain, Free Code Camp sangat mengutamakan praktek, tentu setelah mempelajari teori belajar coding terlebih dulu.

3. BitDegree


situs website untuk belajar coding gratis

Sebagai salah satu platform edukasi online berbasis blockchain, website belajar coding ada banyak sekali kursus gratis yang ditawarkan oleh BitDegree. Kursus online tersebut tidak hanya berupa programming untuk membangun website, tapi juga programming untuk game development. Kursus untuk game development tersebut dikenal dengan sebutan gamification.

Untuk memulai kursus di website belajar coding BitDegree, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dulu dan memilih bahasa apa yang ingin Anda gunakan. Pilihan Bahasa di dalamnya terdiri dari Bahasa Inggris, Spanyol, Portugis, Rusia dan Indonesia. Selanjutnya, Anda bisa memilih keahlian atau pun skill apa yang ingin Anda pelajari melalui platform tersebut. Alhamdulillah tersedia juga website belajar coding  Bahasa Indonesia.

Khusus pemrograman, ada beberapa jenis bahasa pemrograman popular yang bisa dipelajari melalui BitDegree, di antaranya adalah HTML, CSS, PHP, Javascript, SQL, dan JQuery. Dalam proses pembelajarannya, BitDegree menyediakan sistem reward and achievement jika user telah berhasil menyelesaikan kursus yang diambilnya.

Tidak hanya mengukur seberapa besar keberhasilan kursus yang sudah diambil, capaian tersebut pun bisa digunakan oleh para rekruiter untuk mendapatkan talenta-talenta baru yang layak bekerja di perusahaannya.

4. Codewars


situs website untuk belajar coding gratis

Situs website untuk belajar coding gratis ini hampir sama seperti Free Code Camp, Anda bisa mempelajari coding atau bahasa pemrograman seperti Java, Javascript, C#, Ruby, Python, dan SQL melalui berbagai rangkaian tantangan atau challenge. Tantangannya pun cukup unik karena terinspirasi dari seni bela diri. Setiap tantangan di dalamnya disebut dengan istilah kata yang merujuk pada olahraga judo di Jepang. Tujuannya adalah untuk mempertajam kemampuan serta keahian yang dimiliki para penggunanya melalui bahasa pemrograman tertentu.

Tidak berhenti sampai di situ, hasil akhir dari kata tersebut juga bisa digunakan untuk mempelajari kode baru dari awal. Apabila Anda sudah berhasil menyelesaikannya, kata selanjutnya pun akan semakin menantang. Melalui penyelesaian dari tantangan satu ke tantangan lain, Anda dapat melihat komparasi solusi yang sudah Anda miliki dan yang user lain tawarkan. Dari sini, Anda bisa menggali lebih jauh teknik-teknik yang berbeda untuk mengatasi setiap masalah terkait dengan development. Belajar coding di Codewars menjadi menyenangkan dan terasa unik

5. Code School


 situs website untuk belajar coding gratis

Untuk para pemula yang ingin belajar coding secara online, baik gratis maupun berbayar, Code School merupakan salah satu platform yang mampu mengakomodirnya. Website ini telah mempunyai lebih dari satu juta pengguna dari berbagai belahan dunia. Sehingga lumayan cocok untuk belajar coding gratis. Selain diatur dengan metode dan proses pembelajaran yang berbeda, kursus online melalui Code School juga ditentukan oleh bahasa pemrograman yang dipilih serta keahlian yang dikuasai.

Di Code School, Anda bisa mempelajari beragam bahasa pemrograman, seperti HTML dan CSS, Javascript, Ruby, Elixir, PHP, Python, iOS, dan Database. Dalam proses pembelajarannya, ada 4 jenis pendekatan yang digunakan.

Tahap-tahap belajar coding tersebut meliputi:
  • Pemilihan jalur kursus yang disusun dan dibuat langsung oleh para expert, lalu pelajari materi yang telah disediakan.
  • Untuk berlatih coding, Anda bisa langsung menggunakan browser dan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan feedback.
  • Setiap kali Anda menyelesaikan 1 level kursus ke level yang lain, Anda akan mendapatkan poin untuk setiap materi yang sudah dipelajari.
  • Untuk mengukur tingkat keberhasilan kursus yang sudah diambil, Anda bisa memonitor langsung dengan laporan berupa progres dan capaian yang telah Anda peroleh.

5 Daftar Situs Website Untuk Belajar Coding Gratis

End of sentence

Sungguh programmer saat ini benar-benar dimanjalakan dalam proses pembelajarannya. Bagaimana tidak, di era digital seperti saat ini seditaknya terdapat 5 daftar situs website untuk belajar coding gratis. Seolah sepertinya kita tidak perlu mengambil kuliah di Teknik Informatika untuk bisa mempalajari coding. Ada banyak sumber belajar berupa tutorial coding yang cocok untuk para pemula. Namun bukan berarti kita jadi bebas mengabaikan sisi akademis, menurut kami bekal akademis adalah pondasi yang kokoh dan kuat, sebelum melanjutkan membangun project setelahnya.

Belum ada Komentar untuk "5 Daftar Situs Website Untuk Belajar Coding Gratis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel