14 Tips Cara Ampuh Agar Blog Banyak Pengunjung

cara ampuh agar blog banyak pengunjung

Cara ampuh agar blog banyak pengunjung adalah tips yang sering dicari oleh blogger di seluruh dunia sehingga dapat meningkatkan traffic pengunjung blog. Tidak dapat dipungkiri bahwa memiliki blog banyak pengunjung memang impian bagi setiap blogger manapun, dengan pengunjung yang banyak blog akan menjadi ladang untuk memonetize blog. Akan tetapi untuk memiliki blog banyak pengunjung tersebut tentu tidak sekejap mudah nya. Jelas memerlukan kerja keras dan tidak bisa kita dapatkan dengan cara instan. Meskipun ada saja beberapa cara instan untuk mendapat banyak pengunjung tapi hal tersebut tentu tidak bertahan lama dan tidak bekerja dengan organik. Cara nya adalah dengan membeli trafik, jika sudah ketergantungan dengan model mendapatkan pengunjung blog seperti ini, maka sungguh tidak efektif dan efisien.

14 tips cara ampuh agar blog banyak pengunjung merupakan salah satu dari banyak cara mudah untuk membuat blog mendapatkan banyak pengunjung seperti yang akan kita pelajari bersama secara lengkap pada tulisan kali ini. Lakukan secara bertahap tips yang akan kita bahas ini agar semakin dekat dengan memiliki blog yang banyak pengunjung. Lakukan setelah benar-benar paham, konsisten dan analisa hasilnya, dalah hal kasus ini sedikit tapi berkualitas itu lebih baik. Kita harus sepakati bersama  bahwa kita wajib berusaha untuk mengikuti setiap tips dibawah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena memang dalam blogging sangat dibutuhkan kesabaran agar blog mendapatkan banyak pengunjung.

14 Tips Cara Ampuh Agar Blog Banyak Pengunjung

Berikut adalah 14 tips cara ampuh agar blog banyak pengunjung tersebut yang akan kita bahas secara lengkap dan lebih detail.

1. Optimasi SEO blog

Optimasi SEO blog atau SEO on page merupakan cara umum yang harus kita lakukan dan ini juga pasti sering kita dengar atau baca dari berbagai sumber blog-blog lain, tapi memang ini merupakan cara ampuh dalam mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Optimasi SEO blog dapat kita lakukan dengan bantuan plugin untuk pengguna WP atau browser extension untuk pengguna platform apapun. Tool tersebut dapat membantu dalam optimasi SEO blog dengan mudah. Selain itu juga pelajari lebih jauh lagi tentang analisis SEO seperti pemilihan URL yang SEO friendly, membuat deskripsi yang menarik pengunjung, tag header, image alt, keyword tentunya, judul dan masih banyak lainnya.

Ya, tentu saja dengan optimasi SEO on page yang benar kita akan mampu bersaing dengan blog lain di halaman pertama pencarian seperti Google. Jika sudah seperti ini, maka menjadikan blog mendapatkan pengunjung banyak karena sumber trafik terbesar adalah dari mesin pencari.

2. Blog Mendukung Versi AMP

AMP atau Accelerated Mobile Pages ini sangat di anjurkan untuk dimiliki oleh website atau blog bahkan Google menyarankan implementasi AMP ini. Google sangat menyarankan bagi pemiliki website maupun blog untuk mendukung versi AMP pada situsnya. Dengan versi AMP, blog menjadi sangat cepat di akses melalui perangkat handphone dan akan mendapatkan prioristas peringkat mesin pencari yang lebih baik. Selain itu, kenyamanan pengunjung dalam membaca blog juga lebih baik. AMP atau Accelerated Mobile Pages merupakan project idealis milik Google untuk membuat proses load website menjadi sekitar 4x lebih cepat dengan hanya menggunakan data yang 8x jadi lebih kecil dari ukuran mobile page tradisional.

3. Submit URL ke Search Engine

Submit url adalah tips cara ampuh agar blog banyak pengunjung yang wajib kita lakukan secepatnya supaya blog dapat serega dirayapi oleh search engine. Setelah selesai membuat blog dan mengisi blog dengan beberapa konten artikel, usahakan untuk segera mendaftarkan blog ke mesin pencari seperti Google dan Bing dan submit sitemap.xml blog. Dengan cara ini blog akan terindek oleh mesin pencari dan setiap artikel baru diporting juga akan cepat terindeks dan mudah ditemukan di search engine. Banyak juga manfaat yang kita dapatkan jika mendaftarkan blog ke mesin pencari selain blog dan artikel mudah terindek.

4. Posting Artikel Bermanfaat

Kenapa harus bermanfaat? karena kebanyakan pengguna membuka internet selain untuk bermain di sosial media tentu bertujuan untuk mencari berita atau informasi penting yang mereka butuhkan. Membuat artikel yang bermanfaat untuk orang lain dan banyak dicari, meskipun ini cukup sulit terlihat unik, karena hampir semua blogger dengan niche yang sama, akan membahas konten yang sama pula. Namun tidak masalah sepertinya, buktinya setiap keyword yang dibidik di mesin pencari, akan muncul ribuah halaman web dengan keyword tersebut. Jadi teruslah saja menulis yang bermanfaat meskipun tidak unik. Yang harus kita perhatikan pada tips cara ampuh agar blog banyak pengunjung ini adalah bahwa optimasi SEO yang susah payah kita bangun bisa jadi tidak berarti jika tidak di dukung dengan konten artikel bermanfaat dan berkualitas.

Dalam membuat konten artikel usahakan berfokus pada niche khusus atau niche yang relevan, jika ingin niche campuran, lakukan dengan kuantitas yang banyak, seperti pada blog berita. Ini akan membuat kita mampu membuat artikel yang lengkap dan detail sehingga pembaca blog akan merasa puas dengan informasi yang mereka baca. Usahakan membuat artikel yang panjang diatas 1000 kata, karena ini adalah jumlah kata dalam artikel yang memenuhi kriteria SEO friendly. Atau ungguli kompetitor, jika kompetitor 1000 kata, maka kita 1200 kata atau di atasnya.

5. Fast Loading

Fast loading merupakan cara ampuh agar blog banyak pengunjung yang universal, karena blog dengan platform apapun wajib fast loading. Dengan akses cepat di sebuah blog dapat meningkatkan ranking atau peringkat blog di mesin pencari, hal ini terbukti ampuh untuk meningkatkan pengunjung blog karena pengunjung akan betah dan berlama-lama. Pengunjung akan membaca banyak konten artikel di blog yang fast loading baik berganti di halaman yang sama atau membuka halaman baru di tab baru.

Banyak cara untuk menjadikan blog yang fast loading, uatamanya adalah dengan mmemaksimalkan kode di desain template, menggunakan hosting terbaik dan full support. Melakukan optimasi pada gambar dan dapat juga menggunakan plugin caching untuk pengguna WordPress self hosted.

6. Desain Blog Menarik

Buat blog dengan desain yang menarik dan tidak terlalu banyak widget yang tidak penting, usahakan tulisan mudah dibaca dan gunakan font yang jelas. Kita bisa menemukan blog dengan desain minimalis dan bersih yang menonjolkan konten, desain blog dengan tipe ini sangat banyak digunakan oleh blogger profesional.

Dengan desain blog yang menarik juga akan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, karena pengunjung merasa nyaman saat membaca konten artikel dan mereka mungkin bisa kembali lagi untuk membaca setiap artikel di blog kita. Dan jangan sampai lupa untuk menggunakan desain blog responsive mobile friendly, ini akan membantu blog banyak pengunjung karena saat ini banyak pengguna mengakses situs melalui smartphone. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kecepatan loading blog, jangan sampai desain nya menarik tapi loading nya lambat.

7. Buat Related Post

Related Post atau menghubungkan artikel yang sedang dibaca dengan artikel lain juga merupakan cara ampuh agar blog banyak pengunjung, sehingga akan membuat pengunjung berlama-lama di blog kita untuk membaca artikel yang lain. Selain itu juga akan menjadikan navigasi blog lebih mudah untuk pengunjung, ini juga akan membantu artikel lain menjadi populer dan menjadikan pengunjung mudah dalam menemukan informasi lain yang mungkin bermanfaat buat mereka.

Related post juga terbukti ampuh dalam membantu artikel baru untuk bersaing dengan artikel lama di hasil pencarian search engine. Jadi selalu hubungkan artikel lama yang relevan dengan artikel baru. Bisa dengan cara menempelkan link di teks anchor atau auto widget yang tersedia di template.

8. Share ke Sosial Media

Media sosial juga bisa Anda manfaatkan sebagai sumber trafik terbesar lain selain dari mesin pencari oleh karena tips ini juga merupakan cara ampuh agar blog banyak pengunjung. Ini merupakan jalan yang sering digunakan oleh blogger untuk mendatangkan pengunjung untuk blog yang baru. Kita bisa share atau membagikan artikel ke berbagai media sosial seperti facebook, google plus, twitter, linkedin dan masih banyak lagi.

Tambahkan fitur share sosial media di blog untuk memudahkan kita dan pengunjung ketika akan membagikan konten artikel ke sosial media. Hail ini akan menjadikan artikel dan blog mudah terkenal dan blog banyak pengunjung dari sosial media.

9. Submit ke Sosial Bookmark

Saat ini kita dapat menemukan banyak sosial bookmarking yang dapat dimanfaatkan untuk mensubmit blog, cara ini akan membantu blog mudah dalam bersaing di hasil pencarian. Cara ini juga gratis untuk dilakukan dan terbukti mampu meningkatkan peringkat blog. Dengan cara ini juga blog akan otomatis mendapatkan backlink yang bermanfaat untuk blog dan konten artikel blog.

10. Submit ke Blog Forum

Tips cara ampuh agar blog banyak pengunjung lainnya adalah dengan memanfaatkan blog forum juga sebagai sumber trafik ke blog kita. Terdapat banyak forum seperti kaskus, forum detik dan kompasiana yang dapat digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan blog. Akan tetapi usahakan membuat threat yang bermanfaat untuk pengguna forum tersebut jika blog kita ingin dikunjungi dan jangan melakukan spam di forum-forum tersebut, buat seorganik dan seunik mungkin.

11. Tambahkan Video

Jika konten artikel blog kita memungkinkan untuk ditambahkan video maka buatlah video dan upload ke YouTube dan sertakan nama blog dan link artikel. Hal ini dapat membuat blog lebih terkenal dan banyak dikunjungi. Sangat cocok jika blog adalah tentang tutorial, maka boleh saja membuat artikel yang disertai dengan video agar memudahkan pengunjung untuk memahami tutorial lebih mudah. Jika blog kita banyak pengunjung dan video banyak ditonton ini juga bisa menjadi ladang baru dalam menghasilkan uang yang lebih banyak dari sisi monetize blog.

12. BlogWalking

Blogwalking adalah jalan-jalan ke blog lain dan meninggalkan komentar, saran, dan kritik yang membangun, dan ini juga merupakan cara ampuh agar blog banyak pengunjung. Agar blog segera dikenal dan banyak pengunjung, kita juga harus rajin-rajin dalam melakukan blogwalking atau melakukan komentar di blog lain. Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan oleh blogger lain untuk memperkenalkan blognya. Usahakan melakukan blogwalking pada blog yang mempunyai niche sama dengan blog kita dan memberikan komentar yang sesuai dengan pembahasan artikel, jangan melakukan spam karena bisa saja pemilik blog tidak menyetujui dan mempublish komentar kita.

13. Menjadi Blogger Tamu

Blogger tamu atau Guest blog banyak dilakukan oleh blogger profesional luar negeri untuk mendatangkan pengunjung. Kita dapat melakukan cara ini dengan menulis artikel bermanfaat yang relevan di blog lain dan meninggalkan nama dan alamat blog kita sebagai imbalan dari tulisan tersebut. Jika ada pengunjung yang membaca tulisan tersebut dan melihat alamat blog kita bisa jadi mereka juga akan mengunjungi blog kita. Ini juga otomatis memberi benefit berupa backlink gratis pada blog kita.

14. Backlink Berkualitas

Untuk bersaing di halaman pertama mesin pencarian, kita harus memberikan backlink berkualitas pada blog atau website kita. Backlink sampai saat ini masih terbukti ampuh sebagai pendongkrak pengunjung dan menjadikan artikel nangkring di halaman pertama Google. Kita bisa mendapatkan backlink secara gratis atau membeli backlink berkualitas. Informasi tentang backlink berkualitas pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Pilihan backlink gratis namun berkualitas bisa kita dapatkan di berbagai sumber. Jika memilih untuk membeli backlink, sebaiknya untuk membeli backlink di platform yang terkenal dan terbukti berkualitas. Berkualitas atau tidak nya backlink yang dijual oleh penyedia jasa backlink dapat kita ukur dengan traffic blog kita sendiri sesuai keyword yang dibidik. Jika ada peningkatan berarti backlink itu bekerja, jika malah menurun rankingnya maka perlu kita review kembali backlink tersebut.

14 Tips Cara Ampuh Agar Blog Banyak Pengunjung

Sedemikian panjang lebarnya bahasan kita kali ini tentang 14 tips cara ampuh agar blog banyak pengunjung. Yang jelas untuk membuat blog yang sukses dan banyak pengunjung pasti membutuhkan usaha yang keras, salah satunya adalah dengan kita membaca artikel ini hingga selesai. Dan jangan lupa untuk di praktekan, ini yang paling penting. Semoga dapat bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "14 Tips Cara Ampuh Agar Blog Banyak Pengunjung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel