Cara Cek Kecepatan Loading Blog atau Website Dengan Mudah

cara cek kecepatan loading blog atau website

Cara cek kecepatan loading blog atau website dengan mudah menggunakan gtmetrix sehingga performa blog dapat termonitoring dan dapat melakukan tips agar web blog dapat loading lebih cepat. Kecepatan loading blog atau website merupakan salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan, dengan memiliki blog fast loading tentu akan menjadikan pengunjung atau visitor lebih nyaman mengexplore konten yang ada dalam situs kita. Selain itu kecepatan loading blog juga mempengaruhi hasil pencarian search engine, oleh karena itu loading blog merupakan salah satu bagian dari teknik SEO. Tentu ini akan sangat baik untuk kesehatan situs yang kita kelola sehingga pengunjung akan membuka banyak lebih banyak lagi konten artikel yang terdapat di dalam situs.

Namun di luar daripada hal kecepatan loading blog atau website, ada cukup banyak faktor yang mengakibatkan blog atau website manjadi lambat dalam loading, yang perlu kita lakukan adalah meminimalisir beberapa faktor yang menjadikan blog lambat loading. Nah, dengan gtmetrix kita akan mendapatkan referensi atau tips yang harus dilakukan agar performa score menjadi lebih baik, sehingga kecepatan loading blog atau website menjadi lebih fast. Berikut beberapa faktor yang perlu kita perhatikan terkait dengan kecepatan loading blog.

  • Template theme blog atau website.
    Template merupakan faktor penting yang tidak boleh di remehkan, untuk mendapatkan theme blogspot bukanlah hal yang sulit mulai dari yang Free atau premium. Yang perlu kita perhatikan sebelum memakai template tersebut adalah loading blog, jangan tergiur dengan tampilan yang elegan namun loading sangat lambat.
     
  • Terlalu banyak iklan.
    Monetize blog menjadi pilihan para blogger untuk mendapatkan penghasilan dari internet, tapi jangan sampai memasang iklan terlalu banyak, karena dapat mengganggu pengunjung dan memperlambat loading.
     
  • Banyak widget.
    Memasang banyak widget juga dapat mempengaruhi loading blog, usahakan memasang widget yang penting saja.
     
  • Hosting Website.
    Jika kita menggunakan blogspot sudah pasti performa hosting dari google tidak diragukan lagi, namun menjadi cerita yang berbeda jika kita menyewa hosting sendiri, salah pilih hosting akan berakibat serius seperti akses yang lambat bahkan server down.
Jika kita mencari template gratis, maka akan ada banyak sekali kita temukan, akan tetapi pilihlah template dengan fitur seo friendly dan fast loading. Template blog berbayar pun demikian carilah yang fast loading, karena jika sudah fast loading setidaknya memenuhi unsur seo friendly.

Cara Cek Kecepatan Loading Blog atau Website

Bagaimana cara cek kecepatan loading blog atau website ? Ada beberapa situs yang dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan loading blog, dengan bantuan situs ini kita dapat dengan mudah mengetahui performa loading blog. Berikut situs populer yang biasa digunakan oleh blogger untuk cek loading pada versi desktop dan versi mobile.

1. Cek Kecepatan Loading Blog dengan GTmetrix


GTmetrik merupakan tool yang bisa digunakan untuk tes kecepatan blog, menganalisa berapa kecepatan akses halaman blog dengan presentase sampai 100%. Kita dapat menggunakan tool ini hanya untuk 20 kali tes saja, jadi sudah lumayan cukup untuk cek kecepatan blog.

Cara menggunakan GTmetrix untuk mengetahui kecepatan loading blog adalah sebagai berikut:
Pertama, Kunjungi situsnya terlebih dahulu https://gtmetrix.com/
Kedua, masukkan URL situs anda pada kolom yang sudah tersedia dan klik tombol "Analyze".
cara cek kecepatan loading blog atau website

Hasil cek kecepatan loading blog akan terlihat dengan berapa persent kecepatan blog, jika loading blog dengan presentase kurang dari 70%, maka bisa dikatakan loading blog lambat. Dengan tool ini kita juga dapat menganalisa untuk optimasi blog lebih baik lagi.

2. Mengetahui Kecepatan Blog dengan PageSpeed Insights

Cara yang kedua ini menggunakan tool produk dari Google yaitu PageSpeed Insights, tool ini juga mudah untuk digunakan, cukup tulis URL blog kemudian enter dan nanti blog kita akan diteliti untuk mengetahui masalah-masalah yang menghambat loading blog agar tampil lebih maksimal untuk meningkatkan performa blog.

Cara menggunakan PageSpeed Insights untuk mengetahui kecepatan loading blog adalah sebagai berikut:
Pertama, kunjungi https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
Kedua, masukkan URL blog pada kolom yang sudah tersedia dan tekan enter atau klik tombol "Analisis/Analyze".
cara cek kecepatan loading blog atau website

Cara Cek Kecepatan Loading Blog atau Website

Sampai disini kami kita sudah cukup untuk menjelaskan bagaimana cara mengetahui kecepatan loading blog dengan cara cek kecepatan loading blog atau website dengan mudah. Pelajari hasil analisa dari situs checker tersebut, kemudian lakukan perbaikan sesuai tips yang direferensikan. Semoga pengunjung blog kita semakin meningkat dan betah mengexplore konten blog, dan authority blog juga semakin meingkat. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Kecepatan Loading Blog atau Website Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel