Pengertian Aplikasi Web - Definisi

pengertian aplikasi web

Pengertian aplikasi web adalah sebuah aplikasi dimana source code program nya tersimpan pada sebuah server kemudian interface nya dapat diakses menggunakan web browser atau penjelajah web melalui jaringan internet atau intranet. Jika Anda bertanya apa itu aplikasi web ? maka jawabanya dapat saja berbeda antara yang di dapatkan di meja edukasi dengan yang di dapatkan dari pencarian definisi aplikasi web di internet. Namun secara umum akan mengasilkan kesimpulan yang sama tentang istilah aplikasi web ini.

Meskipun hingga saat ini ternyata lebih banyak, lebih luas, dan lebih komersil dalam pemakaiannya. Banyak dari perusahaan-perusahaan berkembang yang menggunakan aplikasi berbasis web dalam merencanakan sumber daya mereka dan untuk mengelola perusahaan mereka. Beberapa yang lain mendefinisikan bahwa pengertian aplikasi web adalah program yang tersimpan pada server kemudian dikirim melalui internet dan diakses melalui antar muka atau interface berupa web browser.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat diterjemahkan secara bebas bahwa aplikasi web merupakan sebuah aplikasi yang diakses melalui web browser dengan menggunakan jaringan sebagai media transmisi. Aplikasi web juga merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang di kodekan dengan bahasa pemogramman seperti html, javascript, css, ruby, python, php, dan bahasa pemogramman lainnya.

Aplikasi berbasis web dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan yang berbeda. Jika dalam perusahaan ritel atau pergudangan, aplikasi web dapat digunakan untuk mengolah data persediaan barang.

Lain halnya untuk divisi HRD, aplikasi web digunakan untuk mengolah data karyawan. Atau pada dinas-dinas pemerintahan, aplikai web dapat diimplementasikan untuk keperluan sistem manajemen kepegawain, sistem e-file, pengelolaan arsip, pengelolaan data surat, dan lain sebagainya. Jadi sepertinya implementasi aplikasi berbasis web ini tidak ada batasan, oleh karenanya saat ini banyak sekali platform yang menyediakan jasa pembuatan aplikasi berbasis web.

Selain fungsi tersebut diatas, salah satu keunggulan kompetitif dari aplikasi berbasis web adalah akselerasi aplikasi, sangat ringan, sedikit sumber data dan dapat diakses dengan cepat melalui browser dan koneksi internet atau intranet ke server. Ini memungkinkan pengguna dapat mengakses data atau informasi perusahaan mereka melalui laptop, smartphone, atau bahkan komputer PC di rumah mereka dengan mudah, tidak seperti aplikasi-aplikasi desktop di mana pengguna harus menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang diperlukan hanya untuk mengakses data dan informasi.

Pengertian Aplikasi Web

Aplikasi web dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, Aplikasi web dapat digunakan untuk membuat invoice dan memberikan cara yang mudah dalam penyimpanan data di database. Aplikasi ini juga dapat dipergunakan untuk mengatur persediaan, karena fitur tersebut sangat berguna khususnya bagi mereka yang berbisnis ritel. Bukan hanya itu, Aplikasi Berbasis Web juga dapat bekerja memonitoring sistem dalam hal tampilan. Bahkan jumlah dari Aplikasi Berbasis Web sudah tak terhitung lagi, yakni dapat di desain dan disesuaikan untuk berbagai jenis industri, langitlah yang menjadi batasannya.

Selain penjelasan pengertian aplikasi web di atas, apakah aplikasi berbasis web memiliki kekurangan dari berbagai keunggulannya? Jawabannya tentu saja IYA. Berikut ulasannya;

Keunggulan aplikasi berbasis web antara lain sebagai berikut;
  • Tidak memerlukan sebuah lisensi ketika menggunakan aplikasi berbasis web dikarenakan lisensi merupakan sebuah tanggung jawab dari penyedia layanan aplikasi.
  • Tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi untuk melakukan dan menggunakan aplikasi web.
  • Dapat dijalankan dimanapun dan kapanpun tanpa harus melakukan installasi.
  • Dapat digunakan di berbagai jenis sistem operasi.
  • Dapat diakses melalui banyak media seperti komputer, laptop, smartphone.

Selanjutnya adalah kekurangan aplikasi berbasis web antara lain sebagai berikut;
  • Membutuhkan keamanan yang tinggi, hal ini di karenakan pada jenis aplikasi berbasis web dijalankan secara terpusat, sehingga apabila sistem server mengalami down maka sistem aplikasi disisi client tidak dapat beroperasi dengan normal.
  • Dibutuhkan sebuah jaringan dan atau koneksi internet untuk melakukan atau menggunakan aplikasi web.

Pengertian Aplikasi Web

Demikian penjelasan yang cukup singkat tentang sebuah istilah pengertian aplikasi web berikut dengan kekurangan dan kelebihan aplikasi web. Dengan membaca sampai akhir setidaknya Anda telah mendaptkan sedikit pengetahuan tentang definisi aplikasi web. Pertanyaan apa itu aplikasi web sekarang dapat Anda jawab sendiri dengan percaya diri. Semoga dapat bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Aplikasi Web - Definisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel